4 Teknik Dalam Melempar Bola Basket

Dalam permainan bola basket permainannya ini bukan hanya sekedar melempar bola saja, tapi di dalamnya ini ada teknik melempar bola basket. Bermain bola basket ini sudah jadi salah satu hobi yang banyak di sukai oleh orang banyak. Saat bermain basket ada beberpa teknik yang harus Anda pelajari dengan benar, jadi saat bermain ini Anda tidak asal memegang bola saja. Tanpa banyak basa basi yul langsung saja kita belajar bersama mengenai cara melempar bola basket:

  • Lelempar bola basket dengan menggunakan kedua tangan searah dengan dada ( chest pass ).

Lemparan yang satu ini lebih di kenal dengan chest pass, cara untuk melakuan lemparan yang satu ini adalah:

Read More

Sikap permulaan :

1. Pemain berdiri menggunakan dua kaki yang di buka selebar dengan bahu kemudian lutut di tekan sedikit dan badan agak condong ke depan dan langsung menghadap ke sasaran

2. Kedua tangan memegang bola tepat di depan dada kemudian siku lengan di bengkokkan

3. Coba untuk konsentrasikan diri Anda untuk giat berlatih

Gerakan dalam melempat bola ini di awali dengan menarik bola ke arah dada untuk menjadi awalan jika sudah tolakkan bola langsung lurus ke depan dengan memposisikan siku Anda luru, bantu gerakan dengan melecutkan pergelangan tanga sambil ada dorogan di bahu. Terakhir tangan ini lurus sejajar dengan bahu lalu telapak tangan menghadap ke luar dan juga jari lurus kea rah depan.

  • Melempar bola basket memakai Dua Tangan Dari tepat di Atas Kepala ( over head pass )

Lemparan ini menggunakan dua tangan dan posisi tangan ada di atas kepala dan lebih di kenal dengan over head pass. Tujuan dari cara melempar ini adalah supaya menghindari bola di jangkau oleh lawan. Ini dia tahapan untuk melakukan teknik yang satu ini:

1. Sikap Permulaan :

Coba berdiri kemudian buka kedua kaki selebar dengan bahu atau bisa juga menposisikan kaki di bagian depan. Pegang bola menggunakan kedua tangan di atas kepala lalu tekuk kedua kaki, pastikan focus pandangan ada di sasaran lempar.

2. Gerakan :

Gerakan ini diawali dengan menarik bola ke belakang dan posisinya ada di atas kepala lalu bola ini dilemparkan dengan cara meluruskan siku atau lengan ke depan sambil di bantu dengan lecutan dari pergelangan tangan dan pastikan posisi akhir jari mengadap ke bawah.
Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.

3. Sikap Aklhir :

Terakhir adalah posisikan kedua lengan lurus ke bagian depan dan di ikuti dengan anggota tubuh yang lain.

  • Bounce pass (operan pantul).

Teknik yang selanjutnya ini sering si sebut dengan lemparan pantulan atau bound pass. Tujuan menggunakan teknik yang satu ini adalah untuk menghindari hadangan dari pemain tinggi lawan. Cara untuk melakukan teknik yang satu ini adalah posisikan badan dengan membuka kaki selebar bahu kemudian tekuk sedikit lutut dan condongkan badan ke ara depan jika sudah pegang bola depan dada dan bengkokan atau lipat siku.

  • Baseball pass

Teknik yang satu ini biasanya dilakukan di bagian belakang atau atas kepala. Tujuannya ini supaya passing ini melambung dan bisa melewati lawan. Teknik yang satu ini biasanya di pakai untuk operan jarak jauh dari setengah lapangan. Biasanya operan yang satu ini tidak terlalu akurat tapi sangat berguna untuk Fast Break

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.