5 Tips Menjaga Baterai Smartphone untuk Aktivitas Gaming

  • Whatsapp

5-tips-menjaga-baterai-smartphone-untuk-aktivitas-gaming
Smartphone
sudah menjadi barang kebutuhan setiap orang. Smartphone saat ini digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, salah satunya yaitu untuk aktivitas bermain game atau gaming. Saat ini banyak smartphone yang sudah didesain untuk aktivitas gaming para gamers seperti Black Shark 3 yang membuat aktivitas gaming menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Agar baterai smartphone awet

Seringkali para gamers menghabiskan berjam-jam waktu mereka setiap harinya untuk bermain game sehingga membuat baterai smartphone seringkali cepat habis dan harus berulang kali di charge. Bagi Anda para gamers yang sering bermain game dalam waktu yang lama di smartphone Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar baterai smartphone bisa tetap awet.

Read More

1. Jangan bermain game saat smartphone di charge

Para gamers seringkali lupa waktu jika sudah melakukan aktivitas gaming. Mereka bisa menghabiskan berjam-jam untuk bermain game hingga tanpa disadari baterai smartphone sudah hampir menipis. Namun umumnya para gamers ini akan mengisi daya baterai tersebut sambil tetap meneruskan permainan, terlebih jika permainan yang dimainkan merupakan game-game MOBA yang tidak bisa ditinggalkan.

Namun kebiasaan buruk seperti ini bisa membuat baterai smartphone Anda lebih cepat rusak karena overheat. Bukan hanya baterai, layar smartphone juga bisa lebih cepat rusak karena harus bekerja ekstra saat mengisi daya sambil melakukan permainan. Jadi, lebih baik Anda beristirahat sejenak dari bermain game dan menunggu sebentar sampai baterai smartphone kembali penuh.

2. Menggunakan charger original

Jika baterai smartphone sudah harus diisi daya, pastikan Anda men-charge smartphone tersebut hanya dengan charger original yang diberikan saat Anda membeli smartphone tersebut. Charger original tersebut sudah didesain sedemikian rupa oleh pabrikan agar sesuai dengan kebutuhan daya listrik smartphone Anda.

Jadi, jika Anda ingin baterai smartphone gaming seperti smartphone Black Shark 3 tetap awet, pastikan Anda tidak men-charge smartphone tersebut menggunakan charger atau powerbank abal-abal.

3. Jangan nyalakan smartphone setelah mati total

Anda mungkin seringkali mengalami kejadian saat smartphone Anda mati total karena terlalu asyik bermain game dan lupa men-charge smartphone tersebut. Kemudian setelah Anda men-charge, Anda buru-buru kembali menyalakan smartphone dengan harapan bisa segera kembali ke permainan.

Namun sebaiknya Anda jangan terburu-buru untuk kembali menyalakan smartphone jika baterai yang ditunjukkan layar baru terisi 1%. Hal ini akan menyebabkan smartphone Anda gagal booting dan membuatnya terus-menerus looping. Ini justru akan membuat Anda membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk kembali masuk ke layar utama. Sebaiknya tunggu sampai baterai smartphone Anda terisi daya hingga minimal 10%.

4. Menjaga suhu smartphone

Kebanyakan game yang ada saat ini memiliki kualitas grafis yang tinggi. Hal ini membuat smartphone Anda bekerja lebih keras sehingga membuat smartphone mengalami kenaikan suhu yang lebih cepat dan membuatnya menjadi panas. Jika smartphone Anda sudah mulai terasa panas, sebaiknya akhiri dulu aktivitas gaming Anda dan beri waktu agar smartphone bisa cooling down.

5. Rutin bersihkan cache

Aplikasi game mobile yang Anda jalankan akan memproduksi cache atau file sampah yang bisa mengurangi kinerja RAM. RAM yang penuh kan berpengaruh terhadap kelancaran aktivitas gaming yang Anda lakukan. Agar RAM bisa tetap fresh, pastikan Anda membersihkan file-file cache tersebut secara rutin.

Itulah beberapa tips untuk merawat baterai smartphone gaming. Dengan smartphone gaming yang canggih dan baterainya yang mumpuni seperti Black Shark 3. Anda bisa bermain game dengan nyaman.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *