Bacaan Sholawat Nariyah Beserta Terjemahan Dan Cara Mengamalkannya

Sebagai umat muslim, kamu tentu mengenal banyak bacaan sholawat dalam Islam. Sholawat merupakan bacaan yang biasa dilantunkan umat muslim sebagai doa kepada Allah SWT dan pujian kepada Rasulullah SAW.

Read More

Sholawat nariyah merupakan salah satu sholawat yang populer dikalangan pemeluk agama Islam. Sama seperti sholawat – sholawat lainnya, sholawat nariyah juga memiliki manfaat dan keutamaan. Salah satu hadits yang sangat terkenal yang membuat kamu harus rajin membaca sholawat adalah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Siapa membaca sholawat untukku, maka Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan juga ditambahkan 10 derajat baginya.”

Allah SWT juga sudah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk melantunkan sholawat bagi Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Quran surat Al Ahzab ayat 56, yang artinya :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat – malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang – orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Lantas, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut? Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamalkan sholawat nariyah diantaranya yaitu :

1. Bagi kamu yang sedang mengalami kesusahan karena kehilangan barang dan ingin barang yang hilang tersebut cepat kembali, maka bacalah sholawat nariyah sebanyak 4444 kali. Insya Allah doamu akan segera dikabulkan.

Namun jika barang yang hilang tersebut tidak kembali, maka orang yang mengambilnya akan mengalami musibah atas kehendak Allah SWT.

Setelah selesai menunaikan amalan diatas, lanjutkan dengan membaca doa berikut ini :

“Ya Allah, dengan berkah sholawat nariyah ini, saya mohon Engkau mengembalikan barang saya.”

Kamu bisa membaca doa tersebut sebanyak 11 kali dengan niat serta hati yang bersungguh – sungguh.

2. Sementara bagi kamu yang ingin dilancarkan rezekinya, dijauhkan dari gangguan yang jahat, atau dimudahkan tercapai hajatnya yang besar, maka bacalah sholawat nariyah ini sebanyak 444 kali.

Kamu bisa membacanya sendirian atau melakukannya secara berjamaah.

3. Saat kamu ingin dihilangkan segala macam kesusahan, dimudahkan pekerjaan, diterangkan hati, diluruhkan pangkat, diperbaiki budi pekerti, serta dihindarkan dari segala marabahaya dan perbuatan buruk, maka bacalah sholawat nariyah sebanyak 40 kali setiap hari.

4. Jika kamu ingin terhindar dari musibah dan marabahaya apapun, maka bacalah sholawat nariyah sebanyak 21 kali tiap hari.

5. Agar terhindar dari bala’ atau musibah lahir batin, dianjurkan membaca sholawat nariyah sebanyak 11 kali setelah sholat wajib 5 waktu.

Lantas, bagaimana bacaan sholawat nariyah dan terjemahannya? Berikut bacaan sholawat nariyah dalam huruf latin beserta terjemahannya :

“Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju. Wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”

Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dileyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, disetiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *