Ban Mobil juga Perlu Dirawat, Ini 6 Tips Mudah Merawatnya

  • Whatsapp

Ban-Mobil-juga-Perlu-Dirawat,-Ini-6-Tips-Mudah-Merawatnya
Bukan hanya bagian mesin mobil yang perlu perawatan, bagian
ban mobil juga perlu dirawat. Perawatan yang dilakukan secara berkala atau rutin perlu dilakukan agar bagian penting dari mobil ini awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Siapa sih yang tidak mau memiliki mobil dengan ban yang awet?

Merawat Ban Mobil

Perawatan ban pada mobil sangat mudah dilakukan. Anda bisa mengikuti tips-tips berikut ini untuk melakukan perawatan pada ban kendaraan roda empat Anda.

Read More

1. Periksa tekanan ban secara berkala

Tips yang pertama, lakukan pemeriksaan pada tekanan ban secara berkala, terutama sebelum mobil digunakan dan setelah mobil tidak digunakan cukup lama. Anda bisa melakukan pemeriksaan tekanan angin pada ban ini setidaknya sebulan sekali. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengukur tekanan pada ban agar tidak perlu membawanya ke bengkel.

Meskipun sering dianggap sepele, ban yang tekanan anginnya tidak pas bisa menimbulkan berbagai masalah. Ban yang kurang angin akan menyebabkan penggunaan BBM yang lebih tinggi. Sedangkan ban yang kelebihan isi angin akan menyebabkan ban lebih cepat halus sehingga ban harus sering diganti.

2. Lakukan spooring dan balancing

Apa itu spooring dan balancing? Dua istilah ini merujuk pada pengaturan keseimbangan ban pada kendaraan roda empat Anda. Terkadang, ban mobil tidak terpasang secara benar atau kurang seimbang sehingga memunculkan berbagai masalah. Anda tidak perlu melakukan hal ini secara berkala. Anda perlu melakukannya saat :

Penggantian ban baru

Melakukan rotasi ban

Ban bergetar jika Anda mengemudi pada kecepatan tertentu

3. Bawa barang secukupnya

Tips yang ketiga, Anda sebaiknya memperhatikan jumlah dan beban barang yang Anda bawa di dalam mobil. Semakin banyak dan berat barang bawaan Anda, semakin berat pula beban pada ban. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab ban cepat rusak.

Lalu, bagaimana solusinya? Anda disarankan untuk membawa barang dan beban yang sesuai dengan anjuran. Jangan berlebihan dalam membawa barang, secukupnya saja.

4. Cek tampilan ban

Cara mudah lainnya dalam merawat ban kendaraan Anda adalah dengan mengecek tampilan ban. Kondisi ban bisa Anda cek secara visual. Anda pun tentu bisa membedakan antara ban yang masih bagus dengan ban yang sudah harus diganti. Tampilan ban berikut ini harus mendapatkan perhatian khusus secara langsung :

Terdapat benjolan atau sayatan di bagian dinding ban. Hal ini bisa mengakibatkan ban meledak.

Garis ban sudah mulai halus atau pudar. Kalau begini, ban harus segera diganti karena ban yang polanya mulai pudar mudah menyebabkan mobil menjadi selip.

Ban penuh dengan lumpur atau batu yang menempel pada pola ban. Meskipun terlihat sepele, kotoran yang ada pada ban bisa menyebabkan ban mudah rusak., mengalami korosi, dan pecah.

5. Lakukan rotasi

Yang kelima, Anda perlu melakukan rotasi ban mobil. Untuk melakukan ini, Anda perlu memperhatikan ban yang paling mudah botak karena terlalu banyak gesekan. Dengan merotasinya, ban kendaraan Anda bisa dipakai lebih lama.

6. Pasang selalu tutup pentil ban

Yang terakhir namun tidak boleh dilupakan adalah Anda sebaiknya selalu memasang tutup pentil ban. Ban yang tidak ditutup dengan pentil akan menyebabkan kebocoran halus saat dipakai sehingga tekanan ban lebih cepat habis.

Nah, itulah 6 tips merawat ban mobil Anda. Mudah, bukan? Selain keenam tips tersebut, pastikan ban yang Anda gunakan sudah sesuai dengan anjuran penggunaan ban sehingga ban tidak terlalu besar ataupun tidak terlalu kecil untuk mobil Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *