Cara Pintar Membeli Aki Bekas Ataupun Yang Baru

Pilih Aki Mobil Baik Serta Benar. Secara prinsip aki mobil memiliki fungsi untuk memuat listrik yang selanjutnya dipakai oleh elemen elektrikal mobil. Namun, sama perihalnya dengan elemen lain, aki mobil pun punya umur gunakan. Jika udah melalui umur gunakan jadi aki tidak bisa memiliki fungsi normal serta harus ditukar yang baru.

Setelah itu apakah saja yang perlu dilihat disaat ingin beli aki kering baru untuk mobil?

“Sebenarnya ringan saja, perihal pertama yang sebaiknya dikerjakan merupakan pilih tempat beli aki yang paling dipercaya,” kata Rizky Amanda, Chief Store Shop&Drive Kebon Jeruk, toko spesialis elemen oli, aki serta sokbreker.

Tidak cuma di bengkel sah, toko onderdil banyak juga yang tawarkan beraneka aki, pada harga yang beragam terkait type serta spesifikasinya. Sebelum beli, yakinkan Anda mendapatkan garansi akan vitalitas aki baru itu. Jika semua skema kelistrikan mobil baru yang masih normal, normalnya aki baru bisa bertahan 1,5-2 tahun. Apabila kurang dari itu, jadi aki itu mempunyai masalah.

Cari toko aki yang siapkan pelayanan antar-jemput genting. Karena aki bisa alami persoalan kapan waktu tiada mengetahui tempat. Diluar itu check tanggal produksi aki baru. Untuk aki pemeliharaan free (MF) serta hybrid, usia bagusnya merupakan 1,5-2 tahun. Apabila aki udah 6 bulan ada di toko, jadi umur pemanfaatan aki itu akan menyusut atau serta basi. Tetapi ini tidak berlaku untuk aki konvensional sebab cairan baru dimasukkan disaat aki ingin dibeli.

Detail harus sama

Memakai aki brand lain tidaklah satu larangan, jikalau Anda harus pilih detail yang sama seperti keputusan pabrik. Anda bisa meilihatnya dari deret angka detail yang tercantum di dus serta tubuh aki.

Jadi contoh, angka 55D26R pada aki GS. Dua angka pertama serta dua angka ke dua memberikan panjang serta lebar aki. Dalam kata lain, angka itu memberikan dimensi yang diperlukan aki baru agar ditempatkan.

Diluar itu, simak detail voltase serta kemampuan aki. Akan tetapi kemampuan aki sedikit lebih fleksibel karena Anda bisa mengubahnya yang memiliki tambah besar. Rizky merekomendasikan untuk menukar aki lama dengan aki baru memiliki tidak lebih dari 15 Ah.

Type Aki mobil

Di market, ada 3 type aki yang dipasarkan, ialah konvensional, hybrid serta MF. Aki konvensional biasa dikatakan dengan aki premium atau basah. Menjaga aki basah harus lebih teratur serta sulit, utamanya mengawasi ketinggian cairan asam belerang aki. Kelebihan aki ini merupakan harga yang tambah murah dibanding type lain.

Sesaat aki hybrid menyerupai dengan aki basah. Namun pemanfaatan aki hybrid tidak serumit aki basah. Aki type ini cuman perlu pasang serta tinggal gunakan. Akan tetapi perawatan aki hybrid harus dikerjakan dengan cara periodik dengan periksa ketinggian cairan aki.

Selanjutnya merupakan aki type MF. Aki ini amat praktis sebab cuman perlu menempatkan serta dapat langsung Anda pakai. Diluar itu perawatannya tidak serumit aki basah atau hybrid. Tetapi, harga aki MF tambah mahal dari aki type lain.

Setrum lagi aki

Untuk menanggulangi aki soak, ada teknik lain yang dapat Anda pakai. Ialah dengan menyetrum lagi aki dengan baterai charger. Tetapi butuh Anda tulis, jika aki hingga soak bermakna ada soal pada skema pengisian daya aki itu. Apabila alami hal semacam itu, jadi Anda harus melakukan perbaikan lebih dulu.

Apabila seluruhnya udah normal serta aki disetrum lagi, Anda harus mengingat kalau parameter usia baik aki masih berlaku. Bagusnya, usia aki sekitar 1,5-2 tahun. Apabila Aki dicas lagi sesudah umur pakainya 1 tahun, jadi tersisa usia bagusnya tinggal 6 bulan sampai 1 tahun.

 

sumber:indonesiautosblog.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy