Jajanan Khas Jawa Paling Populer dari Masa ke Masa

  • Whatsapp

resep

Setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan sendiri termasuk pada jenis jajanan, meskipun pada daerah di pulau lain misalkan namanya sama tapi ada yang berbeda dari sisi rasa dan cara mengolahnya.

Nah kali ini kita akan bahas beberapa jenis makanan khas jawa berupa jajanan tradisional yang pastinya disantap juga enak dan rasanya memang dominan manis, sampai dengan gurih. Tentu saja ini sangat berguna buat kalian yang mau wisata kuliner atau bahkan ingin membuka usaha jualan kie di pinggir jalan dan wajib memasukan menu jajanan ini.

Apa saja ya ? yuk cek langsung dibawah ini ulasan lengkpanya sahabat semua.

Arem-arem

Nah yang pertama adalah arem arem dimana makanan ini khas milik jawa tengah sahabat semua, tapi di daerah lain seperti lombok, kemudian bali tentu saja ada juga arem arem ini tapi memang beda isinya saja.

Arem arem sendiri terbuat dari tepung ketan, kemudian isianya bisa berupa daging ayam dan ini khas jawa sekali dan cocok untuk menjadi cemilan yang membuat perutu menjadi kenyang apalagi dimakan sama cabe tambah enak tentunya.

Kue Coro Bikan

Kemudian jenis lain ada namanya coro bikan, dimana kue ini rasanya manis dengan bentuk seperti bunga yang lagi mekar, dengan warna yang anka ragam kue ini memang ciri khas daerah jawa dan sudah lama tapi masih banyak peminatnya sampai sekarang.

Lumpia

Siapa yang tidak kenal dengan kue yang satu ini, yap lumpia adalah salah satu kue terenak dengan olahan yang menarik dan rasa yang sempurna. Kalian sangat mudah bisa membuat kue ini, banyak sekali sekarang resep lumpia dengan aneka jenis dan bisa kalian santap atau kalau ingin membuat sendiri juga boleh.

Wajik

Kemudian wajik, ini adalah jajanan orang jaman dulu yang sampai sekarang masih tersedia di pasar tradisional. Wajik ini warnanya kecoklatan, kemudian dari sisi rasa manis terbuta dari olahan dasar ketan dicampur dengan gula jawa dan santan.

Gethuk

Kemudian gethuk ini adalah asli makanan khas jawa tengah terutama daerah Sokaraja Banyumas, getuk sendiri saat ini sudah banyak mengalami perubahan rasa karena dari sisi toping disesuaikan dengan selera anak jaman now.

Rasanya juga manis, kemudian teksturnya keras tapi renyah dan sangat cocok kalian jadikan cemilan sambil minum teh di pagi hari.

Klepon

Ukuranya kecil 4 kali lipat dengan ukuran kelereng, rasanya manis dan enak sekali dimana pada bagian atas biasanya disertai dengan taburan kelapa parut, isinya gula jawa dan kalau dimakan di gigit di mulut akan meledak deh tuh dan meler gulanya jadi enak sekali.

Gula jawa yang digunakan dalam membuat kelpon ini membuatnya semakin enak, buat kamu yang liburan ke daerah jawa tengah wajib ya cicipi kelpon ini.

Sebenarnya masih banyak lagi yang lain seperti Cenil, kemudian jenang dan mendut dan beberapa yang tidak bisa kami sebutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *