Persiapan Persalinan, Ini Dia 7 Dokumen yang Harus Siap dan Dibawa

rumah sakit bersalin terdekat,rs bersalin terdekat,biaya melahirkan normal di rumah sakit,biaya persalinan di rumah sakit

Menjelang HPL, tentu Anda dan pasangan harus memastikan bahwa seluruh kebutuhan selama persalinan hingga pasca persalinan sudah siap dan lengkap. Dengan begitu, Anda bisa berangkat ke rumah sakit bersalin terbaik di Jakarta dengan perasaan tenang.

Read More

Salah satu persiapan yang perlu Anda dan pasangan pastikan adalah dokumen. Dengan dokumen yang lengkap, proses administrasi pun bisa dibereskan dengan segera dan persalinan dapat berjalan lancar. Lantas, apa saja dokumen yang harus Anda siapkan dan bawa untuk persalinan?

Buku KIA

Sejak awal kehamilan, tentu Anda menerima buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), kan? Pastikan Anda siapkan dan bawa buku KIA untuk memandu dokter yang akan membantu proses persalinan dalam memahami kondisi medis Anda. Buku KIA ini tak hanya tersedia dalam bentuk fisik, tapi juga dalam format aplikasi yang lebih praktis.

Identitas Diri

Pastikan pula bahwa Anda tidak melupakan kartu identitas alias KTP. Tak hanya KTP asli, siapkan juga fotokopiannya yang biasanya akan diminta staf administrasi rumah sakit atau klinik bersalin. Di samping itu, siapkan juga KTP saksi untuk berjaga-jaga kalau nantinya pihak rumah sakit memintanya.

Kartu Keluarga

Di samping KTP, siapkan juga Kartu Keluarga (KK) yang dibutuhkan untuk dalam proses pembuatan akta kelahiran anak nantinya. Walaupun sudah ada banyak rumah sakit yang tidak mewajibkan dokumen ini, masih ada yang memberlakukan aturan KK sebagai bagian dari syarat persalinan. Jadi tentu tak ada salahnya jika Anda sekalian mempersiapkannya sejak awal.

Kartu Asuransi

Asuransi yang dimaksud di sini bisa BPJS Kesehatan maupun asuransi swasta lainnya. Dalam BPJS Kesehatan sendiri, Anda sudah memiliki hak keringanan biaya persalinan. Dan Anda juga bisa gunakan asuransi lainnya agar semua biaya tambahan yang tidak ter-cover BPJS bisa ditangani sehingga Anda dan pasangan tidak perlu memusingkan soal biaya melahirkan sampai proses persalinan selesai nantinya.

Surat Nikah

Meskipun penting, sayangnya surat nikah sering jadi dokumen yang lupa dibawa saat persalinan. Fungsi dari dokumen ini serupa dengan KK, yaitu sebagai dokumen pendukung untuk memperlancar proses pembuatan akta kelahiran anak dari rumah sakit.

Alat Pembayaran

Bahkan meskipun biaya persalinan Anda sudah ditangani oleh layanan asuransi, Anda juga tetap perlu menyiapkan alat pembayaran seperti kartu ATM dan bahkan uang tunai. Di samping itu, siapkan pula saldo dalam jumlah yang cukup di dalam akun e-wallet Anda untuk pembayaran cashless. Dengan begitu, Anda tidak akan kebingungan jika perlu mengeluarkan uang untuk biaya-biaya di luar persalinan. Contohnya untuk membeli makanan bagi keluarga maupun tamu yang datang menengok, tambahan popok, dan lainnya.

Meskipun penting, sayangnya dokumen-dokumen di atas cenderung gampang terlupakan karena pasangan calon orang tua biasanya terlalu fokus pada kebutuhan ibu hamil dan bayi untuk persalinan. Semoga lewat artikel ini, Anda bisa siapkan semuanya dengan lengkap, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.